Senin, 28 Desember 2009

Sony Kembangkan Isi Daya Nirkabel

JAKARTA--Tak lama lagi, anda mungkin tidak direpotkan keberadaan kabel pada piranti elektronik. Pasalnya, perusahaan elektronik raksasa asal Jepang, Sony, tengah menggarap teknologi yang memungkinkan piranti elektronik dioperasikan tanpa kabel.

Teknologi yang tengah digarap ini, akan mengeliminir secara maksimal kegunaan kabel pada pirantik elektronik rumah tangga, seperti televisi. Untuk sekarang, Sony, fokus pada transfer energi tanpa kabel berdaya 60 watt pada jarak 50 cm.

Teknologi itu mengadaptasikan sistem yang berbasis resonansi magnetik. Dengan perantara udara sebagai medium, energi elektromagnetik yang dihasilkan akan dikodekan pada alat yang mampu mengidentifikasi frekuensi resonansi sebagai sumber energi.

Sebagai permulaan, hanya alat yang memiliki pengkode frekuensi saja yang bisa menerima transfer energi. Tapi tak mungkin, semua alat bisa mengaplikasikan teknologi tersebut.

Berdasarkan keterangan pihak Sony, seperti yang dikutip dari DCViews.COM, Akhir pekan lalu, kelebihan teknologi ini mampu mengefisiensikan transfer energi lebih maksimal ketimbang lewat kabel. Menurut keterangan dari pihak Sony, tingkat maksimal efisiensi transfer energi berkisar antara 60%-80%.

Selain itu, sekalipun perkakas berbahan dasar metal berada di antara pengirim transmisi energi dan penerima energi, pihak sony mengklaim tidak bakal ada efek panas.

Disamping menggarap teknologi transfer energi non kabel pada piranti elektronik, Sony juga mengembangkan teknologi berbasis High Frekuency Radio (RF). Teknologi ini, kelak digunakan pada setiap komunikasi via non kabel dan produk-produk penyiaran dengan kecepatan tinggi dan efisiensi maksimal.

Kombinasi dua garapan Sony diperkirakan mampu meningkatkan efisiensi transfer energi hingga 60%. Sony juga berencana meningkatkan daya jangkau transfer energi yang semula hanya mencapai 50 cm menjadi 80 cm tanpa ada penurunan efisiensi.

Dengan begitu, bagi para produsen elektonik bisa meminimalisir penggunaan kabel sekaligus menghemat biaya produksi.

Teknologi via kabel kini sudah berangsur tergeser dengan adanya sistem komunikasi via non kabel macam wifi. Seandainya kebanyakan piranti tidak lagi menggunakan kabel, pertanyaan menggelitik pun datang. Bagaimana nasib produsen kabel?. cr2/itz

http://www.republika.co.id/berita/80162/Sony_Kembangkan_Isi_Daya_Nirkabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar