Kamis, 17 Desember 2009

Menkominfo Resmikan Desa USO ke-21.000


Desa Kaliau di Kalimantan Barat, baru saja diresmikan Menkominfo Tifatul Sembiring sebagai desa ke-21.000 dari 25.000 desa yang akan memperoleh layanan akses telekomunikasi dan informatika perdesaan.

Peresmian beroperasinya program Universal Service Obligation (USO) di desa ini, ditandai Tifatul dengan melakukan test call dari Desa Kaliau ke tiga titik desa USO lainnya di Kabupaten Sambas, yakni Desa Tebuah Elok, Desa Madak, serta Desa Sanatab.

Selain mendapat akses telekomunikasi dari Telkomsel--pemenang tender USO, Desa Kaliau juga dipilih menjadi satu dari seratus desa yang diutamakan untuk mendapat akses internet dalam program Desa Pinter (Desa Punya Internet).

"Desa Kaliau merupakan desa ke-60 dari total 100 Desa Pinter yang akan terlayani akses internet perdesaan," ujar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (17/12/2009).

Desa Kaliau merupakan desa yang terletak di perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia Timur (Serawak). Di desa itu, Telkomsel telah melakukan instalasi FWT (Fixed Wireless Telephone) serta BTS Pico via satelit VSAT IP (Very Small Aperture Terminal Internet Protocol).

Melalui perangkat komputer dan akses internet, warga desa setempat bisa memanfaatkan konten yang disediakan Balai Informasi Pedesaan, untuk mengakses berbagai informasi, seperti kebutuhan pupuk, bibit, hasil panen, hasil laut, dan lainnya.

sumber : www.yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar