Minggu, 27 Desember 2009

IPB-Jepang Kerja Sama Penelitian

Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sama penelitian dengan "Obihiro University of Agriculture and Veterinary Medicine" (OUAVM) Jepang.

Juru Bicara IPB Ir Henny Windarti, MSi di Bogor, Jumat menjelaskan, Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto telah menandatangani kerja sama dengan pihak Jepang awal pekan ini.

Menurut dia, kerja sama yang akan dibangun antara IPB dengan OUAVM adalah bidang pendidikan dan penelitian. Dalam bidang pendidikan kedua belah pihak sepakat akan melaksanakan program pertukaran pelajar.

Terkait bidang penelitian akan difokuskan pada riset-riset yang mendukung untuk pemanfaatan biogas dan pengurangan gas rumah kaca.

Di samping itu, fungsi biologis kentang sebagai bahan makanan juga akan menjadi fokus kerja sama penelitian IPB dengan OUAVM Jepang.

Ia menambahkan, kerja sama penelitian lainnya adalah tentang analisis dan pemanfaatan "oligosakarida" susu dari satwa liar dan penelitian anatomi dan histologi satwa liar di Indonesia.

"Perjanjian kerja sama IPB dengan Obihiro University akan berlaku hingga lima tahun mendatang," katanya.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang akan dibangun itu dan berharap dapat memperkuat persahabatan kedua perguruan tinggi.

Selain itu, Rektor menyampaikan bahwa IPB juga telah melakukan banyak kerja sama dengan universitas di Jepang lainnya, khususnya dalam hal pertukaran pelajar dan staf pengajar.

Pihak OUAVM Jepang menyatakan bahwa mereka ingin melakukan kerja sama dengan IPB karena selain memiliki disiplin ilmu yang sama, prestasi IPB juga dikenal di dunia internasional. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar